20 Langkah Salah dalam Mendidik Anak

Judul: 20 Langkah Salah dalam Mendidik Anak
Penulis: Muhammad Rasyid Dimas
Penerjemah: Tate Qomaruddin, Lc.
Penerbit: Asy Syaamil, Bandung, 2005
Jumlah halaman: 122
Ukuran kertas: 14,5 x 21 cm


“Buat anak kok coba-coba?” Demikian bunyi iklan sebuah produk minyak kayu putih. Iklan ini menyampaikan pesan bahwa kita tidak boleh melakukan try and error dalam memberikan obat untuk menyembuhkan penyakit anak-anak kita.

Sayangnya, dalam hal mendidik anak - sesuatu yang sebenarnya jauh lebih penting - kita justru sering menerapkan sistem try and error tersebut. Banyak orang tua yang mendidik anaknya hanya berdasarkan pengalaman, tanpa bekal ilmu sedikit pun. Akibatnya, kesalahan di sana sini sering terjadi. Anak pun tumbuh menjadi manusia yang “sakit” dari segi psikologis; minder, pendendam, sombong, merasa benar sendiri, penakut, dan sebagainya.

Buku ini mencoba merangkum 20 kesalahan yang seringkali dilakukan oleh para orang tua dalam mendidik anak, beserta dampak yang diakibatkannya. Dengan tebal hanya 122 halaman, isi buku ini memang sangat ringkas, namun informasi yang terkandung di dalamnya cukup padat.

Seperti diuraikan di back cover, buku ini adalah jawaban sekaligus panduan praktis bagi para orang tua untuk mengenali metode-metode mereka dalam mendidik anak-anaknya. Tujuannya agar para orang tua dapat menjalankan kewajiban mendidik anak-anaknya dalam bentuk yang sempurna.

Ada 20 bab pada buku ini, dan masing-masing bab membahas satu kesalahan disertai contoh kasus dan apa dampaknya bagi si anak. Bahasa yang digunakan cukup sederhana dan mudah dipahami. Selain itu, Anda tak perlu membaca secara berurut dari bab 1 hingga 20, sebab masing-masing bab bersifat independen, bisa dibaca secara terpisah.

Jika Anda adalah orang tua yang ingin mendidik anak dengan cara yang lebih baik, buku ini sangat penting untuk dibaca. (jonru)

Tulisan ini sudah dimuat di Portal CBN.

Tidak ada komentar: